Responsive image

Jurusan Manajemen

S3 Ilmu Manajemen

Responsive image

HALAMAN Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) 

Capaian pembelajaran PDIM FEB Unej dirancang sesuai dengan profil lulusan dan mengacu pada KKNI level 9 (Program Doktor) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang berfokus pada pengembangan filosofis keilmuan.

A. Sikap

Dengan sudah berjalannya PDIM selama 6 tahun, PDIM tetap mengikuti perkembangan IPTEKS dan kebutuhan pengguna, PDIM melakukan benchmarking secara berkala dengan PDIM sejenis seperti PDIM Unair, PDIM UKSW, PDIM UB sebagai salah  anggota APDMI yang tindak lanjutnya sebagai pakar yang terlibat didalam review kurikulum. 

Capaian pembelajaran lulusan (CPL) PDIM FEB Unej dirancang sesuai dengan profil lulusan dan mengacu pada KKNI level 9 (Program Doktor) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan pengguna yang berfokus pada pengembangan filosofis keilmuan.   Dalam KKNI ditetapkan secara nasional maka dalam hal ini PDIM FEB Unej mengikuti standar minimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu meliputi: 

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila; (CPL S1) 
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (CPL S2) 
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (CPL S3) 
  4. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; (CPL S4) 
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPL S5) 

Keunikan PDIM yang berorientasi pada kemanusiaan/humanity, keberagaman/ diversity, dan keberlanjutan/sustainability dengan pendekatan utama pada sisi perilaku/behavioral, kreativitas/creativity, etika/ethics, dan inovasi/innovation ini direlevansikan dengan nilai sikap.

B. Pengetahuan

  1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan teori dan konsep baru dalam bidang Ilmu Manajemen melalui penelitian dengan pendekatan inter, multi atau transdisiplin (CPL P1).
  2. Mampu melakukan dan menghasilkan karya kreatif yang teruji dan original diakui secara nasional maupun internasional (jurnal bereputasi) atau dalam bentuk model pengembangan bisnis secara komprehensif yang dapat diuji (CPL P2). 

 

C. Ketrampilan Umum

  1. Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi melalui konsep dan model yang tepat di dalam masyarakat maupun organisasi dalam rangka proses penyelenggaraan organisasi yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi para pemangku kepentingan (CPL KU1). 
  2. Mampu menyusun kebijakan dalam menyelesaikan masalah pada masyarakat maupun organisasi dalam rangka proses penyelenggaraan organisasi yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi para pemangku kepentingan (CPL KU2). 

 

D. Ketrampilan Khusus

  1. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia (CPL KK1). 
  2. Mampu mengembangkan sumberdaya organisasi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia (CPL KK2). 
  3. Mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional dalam bidang ilmu manajemen (CPL KK3). 

Struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran. Struktur kurikulum memuat keterkaitan antara mata kuliah dengan capaian pembelajaran lulusan yang digambarkan dalam peta kurikulum lulusan yang digambarkan dalam peta kurikulum yang jelas, capaian pembelajaran lulusan dipenuhi oleh seluruh capaian pembelajaran matakuliah, serta tidak ada capaian pembelajaran matakuliah yang tidak mendukung capaian pembelajaran lulusan.

 

 


AKREDITASI


PINTASAN #


FEB UNEJ
GALERI FOTO




FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Responsive image